Sabtu, 04 Februari 2012

MANFAAT BUAH DAN SAYURAN UNTUK KESEHATAN


MANFAAT BUAH DAN SAYURAN UNTUK KESEHATAN
9 Manfaat Mengkonsumsi Buah-Buahan


  • Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain: vitamin A (beta-karoten), C dan E, magnesium, zinc, fosfor, dan asam folat. Riset menunjukkan asam folat berkhasiat mengurangi kadar homosistein, zat yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.
  • Buah 100% bebas kolesterol. Terlalu banyak kolesterol berbahaya bagi tubuh kita. Buah-buahan tidak/sangat sedikit mengandung kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit lainnya.
  • Buah merangsang kemampuan otak. Buah berperan positif terhadap kemampuan mengingat dan mengolah informasi di otak serta mencegah kepikunan (Alzheimer).
  • Buah bermanfaat mencegah dan mengobati kanker. Terapi dengan diet jus buah dan sayuran yang terprogram dapat mengobati kanker dan berbagai macam penyakit. Buah-buahan yang berwarna merah dan ungu, seperti tomat, strawberry dan buah merah, mengandung banyak lycopene dan anthocyanins yang berkhasiat mengatasi kanker.
  • Buah membuat kita merasa lebih bahagia. Mengkonsumsi buah dengan teratur dapat menghilangkan depresi dan membuat kita lebih bahagia.
  • Buah adalah makanan yang paling alami. Buah adalah makanan yang tidak perlu diolah dan sangat alami (tentu saja, bila diproduksi tanpa pestisida berlebihan).
  • Buah mengandung banyak serat yang bermanfaat mencegah sembelit (sulit buang air besar), ambeien dan kanker kolon.
  • Buah adalah sumber utama antioksidan, zat yang menetralisir radikal bebas yang berperan terhadap penuaan dini dan penyebab berbagai penyakit. Produksi radikal bebas di dalam tubuh terutama dipicu oleh polusi, sinar matahari berlebihan, merokok dan alkohol.
  • Buah menghemat belanja. Anda tidak harus merogoh kocek lebih dalam untuk mengkonsumsi buah, alihkan saja anggaran belanja Anda untuk makanan lain ke buah-buahan. Gantilah kudapan coklat atau kue Anda dengan buah-buahan.


MACAM-MACAM BUAH DAN MANFAATNYA BAGI KESEHATAN.
1.    Buah Apel
Buah Apel banyak mengandung Vitamin B dan C, Kalsium, Fosfor, Zat besi dan Klorin.
Berikut beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan :
- Mengurangi Konstipasi atau sembelit dan memperbaiki pencernaan
- Mengurangi batu empedu dan artitis (radang sendi)
- Mengurangi kolesterol
- Sangat baik untuk kesehatan gusi
2.    Buah Pisang
Buah Pisang kaya akan Vitamin B dan C, juga mengandung banyak mineral seperti Kalsium, sodium, magnesium, dan potasium.
Berikut beberapa manfaat dari buah pisang :
- Sangat baik untuk anak dan dewasa yang mempunyai masalah dengan nafsu makan dan pencernaan.
- Buah pisang yang telah matang dapat mengurangi terkena sakit diare
- Sangat baik untuk mengurangi radang usus dan lambung
- Buah pisang termasuk dari buah yang mengandung energi tinggi, hal ini dikarenakan sangat tingginya zat gula yang terkandung dalam buah pisang.
3.    JERUK
Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, tentu pilih buah jeruk yang tidak terlalu asam.
4.    PEPAYA DAN MANGGA
Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.
5.    PEAR
Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.
Buah pir kaya akan gizi. Selain berkhasiat sebagai anti kanker, buah yang kulitnya berwarna kuning atau hijau ini juga bersifat anti bakteri. Rasanya yang segar dan banyak mengandung air membuatnya dapat dijadikan santapan ringan setiap hari.

Mengunyah buah yang kandungan airnya tinggi tentu sangat menyegarkan. Terlebih jika dikonsumsi saat matahari sedang terik. Salah satu buah yang tinggi kandungan airnya adalah buah pir. Buah segar dengan berat sekitar 160 gram ini juga mengandung serat yang tinggi.

Dalam buah pir terkandung asam chlorogenic yang merupakan turunan dari asam hydroxy cinnamic. Asam tersebut cenderung banyak terkumpul pada bagian kulit buah pir. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat pir yang terbaik, sebaiknya buah pir dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Namun, harus dicuci terlebih dulu sampai benar-benar bersih, atau memasaknya sebentar agar seratnya tidak banyak yang hilang. Bila diberikan pada bayi, buah pir sebaiknya dikupas terlebih dahulu kemudian diblender tanpa tambahan gula.

Asam hydroxy cinnamic berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah pembentukan sel kanker. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa asam tersebut mampu mencegah pertumbuhan bakteri Shigella sonnei, yang menjadi penyebab penyakit pada saluran pencernaan.

Asam hydroxy cinnamic juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon. Hal itu disebabkan karena asam hydroxy cinnamic mengikat nitrat di dalam perut, lalu menghambat konversi karsinogenik yang sangat potensial, yaitu nitrosamin.

Buah pir juga menjadi salah satu buah yang dapat menahan reaksi alergi terhadap suatu makanan. Oleh sebab itu, pir sangat bermanfaat bagi mereka yang food intolerance atau alergi terhadap makanan.
6.    TOMAT:
Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan).
7.    KELAPA:
Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sedangkan dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu, minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa. Buah-buahan merupakan sumber makanan alami yang paling siap untuk langsung dikonsumsi manusia, sayang kadang kala dilupakan. Dengan penjelasan di atas, semoga buah-buahan tidak lagi dilupakan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi.

MACAM-MACAM SAYURAN UNTUK  MENCEGAH KANKER

1. Kubis
Berbagai kubis seperti kol ungu, kubis hijau, kubis putih, bunga kol, selada air dan brokoli merupakan sayuran yang menjadi musuh utama kanker. Dengan pengolahan kubis yang benar yaitu tidak memasaknya dalam waktu yang lama, maka kubis sangat ampuh dalam mencegah timbulnya kanker dan tumor karena kubis mengandung sulforafan dan histidine.

2. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan allyl sulfur yang mampu memerangi kanker. Bawang putih juga mampu mencegah mutasi gen di dalam tubuh.

3. Kedelai

Kandungan serat dalam kedelai yang mencapai 2 gram per 100 gramnya dan kandungan isoflavones adalah pemati sel kanker yang paling utama. Serat yang terkandung dalam kedelai ini akan melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker pencernaan seperti kanker usus dan kanker anus.
Selain itu, kandungan isoflavones dalam kedelai juga mampu melindungi tubuh dari serangan kanker akibat hormon seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker uterine. Kedelai ini dapat kita temukan pada olahannya seperti tempe, tahu dan susu.
4. Kunyit

Kunyit memiliki senyawa obat yang disebut kurkuminoid. Senyawa ini mampu melindungi tubuh dari kanker, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan mampu menghentikan pendarahan.

5. Tomat

Tomat merah memiliki kandungan lycopene yang merupakan zat antioksidan yang mampu mencegah tubuh dari efek radikal bebas, mencegah kerusakan sel pemicu kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.

6. Jeruk

Tingginya kandungan mineral dan vitamin C dalam buah jeruk membuatnya menjadi salah satu makanan yang bermanfaat sebagai penurun resiko kanker usus besar. Vitamin C mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab utama kerusakan pada DNA manusia. Kerusakan DNA pada manusia itulah yang akhirnya memunculkan sel-sel kanker di dalam tubuh.

7. Cokelat

Makanan manis yang banyak digemari ini memiliki kandungan antioksidan fenol dipercayai mampu memperpanjang usia seseorang dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Selain itu, fenol juga mampu menghambat oksidasi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh yang memicu munculnya resiko kanker dan jantung koroner.

8. Strawberry

Senyawa fitokimia yang disebut etlagic acid yang terkandung di dalam strawberry adalah suatu senyawa yang berfungsi sebagai anti karsinogen dan anti mutagen sehingga mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas yang menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.

9. Bawang Bombai

Bawang bombai yang banyak mengandung allicin, asam amino, kalsium, mangan dan berbagai vitamin dan mineral lainnya ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bawang bombaidapat meningkatkan jumlah HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, meredakan sakit perut dan flu, merangsang produksi insulin oleh pankreas, menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah pemecahan insulin di hati, menekan osteoporosis dan sebagai pencegah munculnya kanker.

10. Teh Hijau

Dalam 100 gram teh hijau terdapat 24 protein, kandungan serat, lemak dan zat penetralisir yaitu vitamin C 250mg. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa polifenol yang sangat tinggi dan merupakan antioksidan pelindung tubuh terhadap penyakit kanker. Daun teh hijau yang dikeringkan selain mampu memerangi sel kanker di payudara, juga dapat mengurangi resiko kanker lambung, kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker hati dan kanker pankreas.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar